Kamis, 20 September 2012

Keceriaan Anak-anak dalam Berkebun


Farming school jalan-jalan yang dilaksanakan di Magelang (Dusun Babrik, Kecamatan Mungkid) beberapa waktu yang lalu, ternyata membuat adik-adik di sana pengen lagi...hehehe



Adik-adik di sana antusias sekali mengikuti kegiatan FS, walaupun dalam keadaan puasa. Sore hari setelah shalat ashar dan sebelum buka puasa, mereka belajar bersama tim FS menanam sayuran-sayuran dan cara merawatnya.

Sebelum acara menanam dimulai, tim FS bersama adik-adik melakukan perkenalan dan games untuk mengakrabkan diri. Ada sebagian adik-adik yang sudah pernah menanam, tapi ada sebagian juga yang belum tau nama-nama tanaman. Rasa pengen tau dari adik-adik membuat suasana belajar sangat menyenangkan karena mereka aktif bertanya dan melaksanakan apa saja yang tim FS ajarkan.



Sayuran yang ditanam dalam acara FS di Magelang sore itu macam-macam, mulai dari bayam, sawi dan kangkung. Sayuran yang sudah disemai oleh tim FS, dipindahkan oleh adik-adik di lahan dengan mempraktekkan sendiri-sendiri. Di sela-sela belajar menanam sayuran, adik-adik aktif bertanya dan berharap kegiatan FS terus-menerus dilaksanakan di sana. “Mbak, sesuk sore ngeneki meneh ra? Sesuk nandur opo meneh Mbak?” (“Mbak, besok sore kayak gini lagi gak? Besok nanam apa lagi Mbak?”).

Setelah acara menanam selesai, adik-adik bersama tim FS bermain game lagi untuk menambah semangat dan menghilangkan kebosanan. 



Pukul 17.00 WIB, adik-adik diberi pot yang terbuat dari botol bekas untuk ditanami sayuran dan dibawa pulang ke rumah masing-masing. Hal ini selain untuk melatih kesabaran, kerajinan, menambah pengetahuan juga mencerdaskan mereka bagaimana makhluk hidup khususnya tanaman itu dapat tumbuh dan berbuah.



Adik-adik yang tinggal di desa saja mau belajar tentang tata cara menanam tanaman, padahal di sekitarnya juga sudah banyak tanaman. Hayo...adik-adik yang tinggal di kota apa kalian sudah pernah belajar menanam? Saatnya adik-adik tau bagaimana cara menanam tanaman yang dimakan sehari-hari, supaya adik-adik tau apakah makanan yang dimakan sehari-hari itu sudah sehat atau belum.



Ayooo...bergabunglah bersama kakak-kakak Farming School... :)

video


A Riandari

1 komentar:

  1. Wah infonya Tempat Sekolah Alam Di Jogja bermanfaat banget gan..Makasih ya...
    Oiya saya juga ada info bagus nih gan semoga aja bisa bermanfaat bagi kita semua.

    kalau agan maupun pembaca blog agan yang budiman sedang mencari peluang usaha bagus bisa kunnjungi Paket Peluang Usaha di blog ini ada banyak banget loh peluang usaha baik online maupun ofline juga ada di antaranya sebagai berikut ini :

    Kursus Ternak Cacing

    Bisnis Menjijikkan

    Cara Budidaya Cacing

    Jual Cacing Tanah

    BalasHapus